RRP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama sekolah : MIM Banjarsari Metro Utara
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / semester : III /II
Alokasi waktu : 2 X 35 menit
Standar kompetensi :
Ø
mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan, dengan
bertelpon dan ber cerita
Ø
mengungkapkan pikiran, perasaan dan imformasi dengan bentuk paragraph
dan puisi
kompetensi dasar :
Ø
menceritakan pristiwa yang pernah di alami,dilihat atau didengar
Indicator :
Ø
menceritakan peristiwa tentang pengalaman
yang berkaitan dengan kegiatan sehari – hari, menggunakan pilihan kata yang
tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut
Ø
memberikan tanggapan terhadap pristiwa yang
pernah di alami
Karakter yang diharapkan :
Disiplin,
Tekun, Percaya diri, Keberanian
Materi pokok : menceritakan pengalaman
Metode pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi
Langkah – langkah pembelajaran
NO
|
Uraian
kegiatan pembelajaran
|
waktu
|
1
|
Kegiatan awal:
Apersepsi
ü berdo’a dan mempersiapakan materi yang
akan disampaikan
ü memotivasi siswa agar bias mengeluarkan
pendapat
ü mengajukan beberapa pertanyaan materi
minggu lalu
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan :
Eksplorasi
v dalam kegiatan eksplorasi guru
ü siswa menulis cerita tentang pengalaman
yang mengesankan
ü siwa membacakan ceritanya di depan kelas
|
20 menit
|
Elaborasi
v dalam kegiatan elaborasi guru
ü membiasakan siswa menulis dan membaca
yang beragam yang melalui tugas – tugas yang bermakna
ü memfasilitasi siswa dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif
|
20 menit
|
|
Komfirmasi
v dalam kegiatan komfirmasi guru
ü guru bertanya kepada siswa hal – hal yang
belum dipahami
ü guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahan,memberikan penguatan dan kesimpulan
|
10 menit
|
|
3
|
Kegiatan akhir
Ø guru mengkondisikan kelas persiapan
pulang
Ø guru meminta salah satu siswa untuk
menyiapkan dan memimpin do’a sebelum pulang
|
10 menit
|
Alat dan sumber
Ø buku paket bahasa Indonesia
Ø teks cerita
Instrumen Penilaian
No
|
Soal
|
Skor
|
1.
|
Buatlah cerita tentang pengalamanmu yang
paling mengesankan, lalu tampilkan ceritamu di depan kelas
|
100
|
Jumlah
|
100
|
Skor = Jumlah perolehan skor x 100
Jumlah
skor total
Banjarsari, 06 Februari 2013
GURU KELAS
III
Sugiyanah
Eka Dewi S.Pd.i
|
PRAKTIKAN
Mu’alla
|
|
Mengetahui,
Kepala MIM
Banjarsari
Edy
Nugroho S.Ag
|
RRP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama sekolah : MIM Banjarsari Metro Utara
Mata pelajaran : PKN
Kelas / semester : III /II
Alokasi waktu : 2 X 35 menit
Standar kompetensi :
Ø Memiliki kebanggaan sebagai bangsa
Indonesia
Kompetensi dasar :
Ø Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti
kebhinnekaan,kekayaan alam,keramah tamahan
Indicator :
Ø Menyebutkan kebhinnekaan bangsa Indonesia
Ø Menyebutkan macam – macam agama dan suku
yang ada dimasyarakat Indonesia
Karakter yang diharapkan
Toleransi, peduli lingkungan, peduli social, disiplin, jujur, relegius
Mata pelajaran :
Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
Metode pembelajaran:
Ceramah, demonstrasi,
Tanya jawab
Langkah – langkah pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan awal.
Apresiasi dan Motivasi
-
Mengkondisikan siswa dan menata ruangan
-
Mengajukan pernyataan tentang materiyang akan disajikan
-
Memberikan pendahuluan materi yang disajikan
|
10 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan Eksplorasi guru
-
Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang
akan disampaikan
-
Siswa menjelaskan pengertian kebhinekaan Bangsa Indonesia
-
Menyebutkan macam-macam agama yang ada di Inonesia.
Elaborasi
Dalam kegiatan Elaborasi guru
-
Memfasilitasi siswa melaluipemberian tugas diskusi dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan tulisan maupun lisan
-
Memberikan kesempatan siswa untuk berfikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut
-
Mempasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang di lakukan baik
tertulis maupun lisan secara idividu maupun kelompok.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru
-
Guru bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami
-
Memberikan motifasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi
aktif
-
Merencanakan pembelajaran pada pertemuan berikut.
|
20 menit
20 menit
10 menit
|
3
|
Kegiatan akhir
-
Guru mengkondisikan kelas persiapan pulang
-
Guru meminta salah satu siswa menyiapkan dan memimpin do’a sebelum
pulang.
|
10 menit
|
Alat dan sumber bahan
-
Buku paket PKN
Penilaian
No
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
|||
1
|
Menyebutkan kebhinekaan Bangsa Indonesia
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Sebutkan salah satu keunikan Bangsa
Indonesia
|
2
|
Menyebutkan macam-macam suku dan agama
yang ada di Indonesia
|
Sebutkan nama-nama yang anda ketahui,
agama apa saja yang ada di Indonesia
|
Skor Penilaian
No
|
Soal
|
Skor
|
1.
|
Sebutkan Keunikan Bangsa Indonesia yang
kalian ketahui
|
40
|
2.
|
Sebutkan Nama-nama suku yang ada di
Indonesia
|
40
|
3.
|
Agama apa saja yang ada di Indonesia
|
20
|
Jumlah
|
100
|
Skor = jumlah perolehan skor x 100
Jumlah skor
total
Jawaban
1. Bali, upacara pembakaran mayit disebut
Ngaben
2. Di gunung Bromo dilakukan upacara kesado
yaitu memberikan sesajen dikawah gunung
3. Sunda berasal dari Jawa Barat
Bali berasal dari pulau Bali
Badui berasal dari daerah Banten
4. Budha
Hindu
Kristen Khatolik
Kristen Protestan
Agama Islam
Guru kelas
III
Sugiyanah
Eka Dewi, S.Pd
|
Mengetahui,
Kepala MIM
Banjarsari
Edy Nugroho,
S.Ag.
|
Banjarsari,
11 Februari 2013
Praktikan
Mu’alla
|
RRP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama sekolah : MIM Banjarsari Metro Utara
Mata pelajaran : AKIDAH AKHLAK
Kelas / semester : V /II
Alokasi waktu : 2 X 35 menit
Standar kompetensi :
Ø Memahami asmaul husna al baqii, al
mumitu, al mujibu
Kompetensi dasar :
Ø Mengenal allah dengan sifat – sifatnya yang
terkandung dalam asmaul husna al
baqii, al mumitu, al mujibu
Indikator :
Ø Siswa dapat menjelaskan makna sifat allah al
baqii, al mumitu, al mujibu
Ø siswa dapat memahami sifat – sifat allah
yang terkandung dalam asmaul husna
karakter yang diharapkan :
relegius,
disiplin, kerja keras, kreatif, demokratif dan rasa ingin tahu
materi pembelajaran: ASMAUL HUSNA
metode pembelajaran : ceramah, demokratif,
Tanya jawab, CTL
Langkah – langkah pembelajaran
NO
|
URAIAN
MATERI
|
WAKTU
|
1
|
Kegiatan
awal
Apersepsi dan motivasi
ü guru mengucap salam, dan meminta siswa
untuk memimpin bacaan surat pendek, dan do’a
ü guru mengabsen siswa dan memberikan
motivasi
ü mengajukan pertanyaan kepada
siswa yang telah mengetahui beberapa sifat allah
|
|
2
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
v dalam kegiatan ekspolasi guru
ü siswa menjelaskan sifat allah al baqii, al mumitu, al mujibu
ü siswa memahami sifat – sifat allah
ü melibatkan siswa secara aktif dalam
kegiatan pembelajaran
|
|
Elaborasi
v dalam kegiatan elaborasi guru
ü memberikan kesempatan berfikir,
menganalis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
ü mempasilitasi siswa membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan secara tertulis atau secara lisan
ü mempasilitasi siswa melakukan kegiatan
yang menumbuhkankebanggaan dan rasa percaya diri siswa
|
||
Komfirmasi
v dalam kegiatan konfirmasi guru
ü guru bertanya jawab tentang hal – hal
yang belum dipahami
ü memberikan motivasi kepada siswa yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif
ü menyimpulkan materi yang telah di
pelajari
|
||
3
|
Kegiatan akhir
ü melakukan penilaian dan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
ü memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil belajar
ü mengakhiri kegiatan dengan mengucap salam
|
Alat dan sumber
Ø tulisan asmaul husna dikarton, dan
menuliskan artinya dikarton lain untuk di cocokan
Ø buku paket akhidah akhak
Instrumen penilaian
NO
|
SOAL
|
SKOR
|
1
2
3
4
5
|
Jelaskan makna sifat allah al baqii
Jelaskan makna sifat allah al mumituu
Jelaskan makna sifat allah al mijibu
Tuliskan asmaul husna dan artinya
Tuliskan firman allah yang menyatakan
allah bersifat al baqii yang
berarti maha
kekal
|
20
20
20
20
20
|
JUMLAH
|
100
|
SKOR
= jumlah perolehan skor X 100
Jumlah skor total
Jawaban:
1. allah bersifat al mumituu yang artinya allah dapat
menghidupkan tentu dia juga dapat mematikan, sepanjang masa kehidupan, manusia tidak dapat
mengungkapkan rahasia kematian.
2. Allah bersifat al baqii yang artinya setiap kehidupan akan ada
kematian ketika sampai batas, akan tetapi, allah tidak akan mati oleh sebab
apapun karena allah maha hidup dan kekal
3. Allah bersifat al mijibu yang artinya allahlah yang
menghidupkan orang-orang mati pada hari kiamat yang mati sejak nabi adam As,
dengan keadaan utuh seperti semula, tidak ada zat yang bias melakukan kecuali
allah.
4. Allah maha kekal ( al baqii )
Allah maha menghidupkan (al mujibuu)
Allah maha mematikan (al mumituu)
Allah maha pemberi (al wahabu)
Allah maha pemberi rizki (al rizqi )
Allah maha pembuka pintu rahmat (al
fatahu )
5. Firman allah
Artinya:
Dan janganlah (pula) engkau sembah tuhan yang lain
selain allah tidak ada tuhan ( yang
berhak disembah)selain dia, segala sesuatu pasti binasa, kecuali allah,( QS, AL
Qasas,22:88)
Guru mata pelajaran
Edy Nugroho,S.Ag
|
Banjarsari, 13 febrruari 2013
Praktikan
Mu’alla
|
Mengetahui,
Kepala MIM banjarsari
Edy nugroho,S.Ag
|
RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama sekolah : MIM Banjarsari Metro Utara
Mata pelajaran : FIKIH
Kelas / semester : II /V
Alokasi waktu : 2 X 35 menit
Standar kompetensi : MENGENAL TATA CARA IBADAH HAJI
Kompetensi dasar : menjekaskan tata cara
haji
Indikator :
ü
Siswa dapat memahami dan menjelaskan arti
haji
ü
Siswa dapat menyebutkan syarat, rukun dan
wajib haji
ü
Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan
tata cara untuk melaksanakan ibadah haji
Karakter yang diharapkan :
Relegius, rasa ingin
tahu, jujur, kerja keras,tanggung jawab.
Materi pembelajaran: IBADAH HAJI
Metode pembelajaran : ceramah, Tanya jawab,demonstrasi
Langkah – langkah pembelajaran
NO
|
URAIAN MATERI
|
WAKTU
|
1
|
KEGIATAN AWAL
v Apersepsi dan motivasi
ü Memberikan cerita singkat dan menarik
yang berkaitan dengan bahan ajar ( memalui sepenggal kisah)
ü Mengajukan pertanyaan tentang pengertian
haji dan syarat-syaratnya
|
|
2
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
v Dalam kegiatan eksplorasi guru
ü Siswa mencatat dan mendengarkan uraian guru
|
|
Elaborasi
v Dalam kegiatan elaborasi guru
ü Siswa menyampaikan pendapatkan tentang
pengertian haji
ü Siswa menyebutkan syarat, rukun dan wajib
haji secara klasikal dan individu
ü Siswa mengerjakan tugas yagdi berikan
guru
|
||
Konfirmasi
v Dalam kegiatan konfirmasi guru
ü Guru bertanya jawab tentang hal – hal
yang belum dipahami siswa
ü Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
||
3
|
Kegiatan akhir
ü Guru membuat kesimpualan tentang materi
ü Guru menutup/ mengakhiri kegiatan pelajaran dengan membaca hamdalah
ü Guru mengucap salam pada siswa sebelum
keluar kelas dan siswa menjawab salam
|
Alat dan sumber
ü
Tulisan dikarton dan polio
ü
Buku paket fikih
Instrument penilaian
NO
|
CONTOH
SOAL
|
SKOR
|
1
2
3
4
5
|
Jelaskan pengertian haji……
Sebutkan syarat – syarat haji……..
Sebutkan rukun – rukun haji……
Hal – hal apa saja yang harus dilakukan
dalam menunaikan ibadah haji…..
Sebutkan dan jelaskan tat cara
melaksanakan haji………
|
10
15
15
30
30 mjj
|
Jumlah
|
100
|
Skor = jumlah perolehan skor
x 100
Jumlah skor total
Jawaban :
1. Haji adalah menuju atau
mengunjungi suatu tempat atau berziarah ke baitullah (mekkah) untuk
melaksanakan ibadah dengan cara, waktu dan tempat – tempat tertentu.
2. Syarat – syarat haji
Muslim,
berakal sehat, baligh, merdeka dan mampu
3. Rukun haji
Ihram,
wukuf, tawaf, sai, tahalul dan tertib
4. Hal – hal yang wajib dilaksanakan dalam melaksanakan haji
o
Melaksanakan ihram sesuai dengan miqat yang
di tentukan
o
Menginap di muzdalifah sesudah tengah malam
o
Melempar jumrah aqobah pada harinya idul
adha
o
Melempar jumrah ketiga pada hari tasyrik
(tgl 11,12,13dzulhijjah)
o
Bermalam di mina
o
Melaksanakan tawaf wadak
5. Tata cara melaksanak haji
ü
Haji tamatuk ( mendahulukan umrah dari pada
haji)
ü
Haji ifrat ( mendahulukan haji dari pada
umrah )
ü
Haji qiran ( melaksanakan haji dan umrah
bersamaan)
GURU MATA PELAJARAN
Arifah qodriyah,S.Pd.i
|
Banjarsari,16 februari 2013
Praktikan
Mu’alla
|
|
Mengetahui,
Kepala MIM banjarsari
Edy Nugroho,S.Ag
|
RRP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama sekolah : MIM Banjarsari Metro Utara
Mata pelajaran : Ilmu pengetahuan alam
(IPA)
Kelas / semester : IV/II
Alokasi waktu : 2 X 35 menit
Standar kompetensi :
Ø memahami lingkungan fisik dan perubahannya
terhadap daratan
Kompetensi dasar :
Ø menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan
fisik terhadap daratan ( pasang surut air laut, badai, kebakaran hutan, erosi
tanah, gempa bumi )
indikator :
Ø siswa dapat mendefinisikan pengaruh
perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (pasang surut air laut,badai,
kebakaran hutan, erosi tanah, gempa bumi)
Ø dapat memahami pengaruh perubahan
lingkungan fisik
karakter yang diharapkan : tanggung jawab, rasa ingin tahu, disiplin
materi pembelajaran : PERUBAHAN KENAMPAKAN
BUMI DAN LANGIT
metode pembelajaran: CTL, ceramah, demonstrasi
langkah – langkah pembelajaran
NO
|
Uraian
pembelajaran
|
Waktun
|
1
|
Kegiatan awal
ü guru masuk kelas lalu mengucapkan salam
ü guru mengabsen siswa
ü guru menyampaikan materi yang akan
disampaikan
ü mangajukan pertanyaan barsangkutan dengan
perubahan lingkungan fisik
|
|
2
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
v Dalam kegiatan eksplorasi guru
ü Guru menyampaikan materi yang disajiakan
ü Siswa mengerjakan tugas yang diberikan
oleh guru
|
|
Elaborasi
v Dalam kegiatan elaborasi guru
ü Memberikan kesempatan berfikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut
ü Mempasilitasi siswa melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
|
||
Konfirmasi
v Dalam kegiatan konfirmasi guru
ü Guru bertanya jawab tentang hal – hal
yang belum dipahami
ü Memberikan motivasi pada siswa yang
kurang atau belum berpartisipasi dalam kegiatan
ü Menyimpulkan materi yang telah di
pelajari
|
||
3
|
Kegiatan akhir
ü Guru memberikan kesimpulan tentang materi
yang telah dipelajari
ü Guru menutup / mengakhiri kegiatan
belajar dengan bacaan hamdalah
ü Guru mengucap salam sebelum keluar kelas
dan siswa menjawab kelas
|
Alat dan sumber
ü Kertas HVS
ü Buku paket IPA
Penilaian
ü Teknik penilaian =
tes tertulis
ü Instrument penilaian = uraian
Skor = jumlah perolehan skor X 100
Jumlah
total skor
Instrumen
penilaian
1. Mengapa permukaan air laut semakin lama
semakin tinggi dan pagi harinya surut lagi pristiwa ini disebut…..
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan badai…..
3. Sebutkan kebakaran hutan yang disebabkan
oleh alam …..
4. Apa yang dimaksud dengan erosi tanah…..
5. Apa yang menyebabkan gempa bumi…..
Jawaban:
1. Pasang surut air laut
2. Angin kencang yang disertai hujan
3. Suhu yang tinggi saat musim kemarau,gesekan
dedaunan saat musim kemarau
4. Pengikisan tanah oleh air
5. Letusan gunung, longsoran didalam bumi(
gesekan lempeng bumi)
Guru mata pelajaran
Muhammad mabrur,S.Pdi
|
Banjarsari 20 februari 2013
Praktikan
Mu’alla
|
|
Mengetahui,
Kepala MIM banjarsari
Edy Nugroho, S.Ag
|
RRP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama sekolah : MIM Banjarsari Metro Utara
Mata pelajaran : matematika
Kelas / semester : II /II
Alokasi waktu : 2 X 35 menit
Standar kompetensi:
ü
Bilangan : melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka
Kompetensi dasar :
ü Melakukan operasi bilangan campuran
Indikator :
ü siswa dapat mengingat fakta pembagian
dengan berbagai cara
ü siswa dapat menghitung secara cepat
perkalian dan pembagian
karakter yang diharapkan:
kerja
keras, disiplin, kreatif, demokratif
materi pembelajaran: perkalian dan pembagian
metode pembelajaran:
demonstrasi,
pemberian tugas, ceramah
langkah – langkah pembelajaran
NO
|
URAIAN PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
1
|
Kegiatan awal
apersepsi dan motivasi
ü guru masuk kelas mengucap salam
ü guru mengoptimalkan kelas
ü gur mengajukan pertanyaan yang berkaitan
dengan materi
|
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
v dalam kegiatan eksplorasi guru
1. mengingat fakta perkalian dengan
penjumlahan berulang
2. memberikan contoh-contoh perkalian dan
penjumlahan
|
||
Elaborasi
v Dalam kegiatan elaborasi guru
3. Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
4. Memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan secara tertulis
|
||
Konfirmasi
v Dalam kegiatan konfirmasi guru
5. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum dipahami
6. Guru bertanya jawab meluruskan kesalah
pahaman , memberikan penguatan dan kesimpulan
|
||
Kegiatan akhir
v Dalam kegiatan akhir guru
ü Mengadakan tanya jawab sekitar materi
yang telah disampaikan
ü Memberikan penilaian hasil kerja siswa
ü Memberikan tugas atau PR
|
v Alat dan sumber
ü Buku paket matematika kelas 2
v Penilaian
ü Teknik penilaian = tes tertulis
ü Instrument penilaian = jawaban
Instrument soal
1. 4 x 3 : 2 = ( 4 x 3 ) : 2
= 12 : 2
= 6
2. 6 x 2 : 3 = ( 6 x 2 ) : 3
= 12 : 3
= 4
3. 16 : 4 x 5 = ( 16 : 4 ) x 5
= 4 x 5
= 20
|
4. 12 : 3 x 5 = ( 12 : 3 ) x 5
= 4 x 5
= 20
5. 20 : 5 x 3 = ( 20 : 5 ) x 3
= 4 x 3
= 12
|
6. 6 x 3 : 2 = ( 6 x 3 ) : 2
= 18 : 2
= 9
7. 8 x 5 : 10= ( 8 x 5 ) : 10
= 40 : 10
= 4
|
Karakteria penilaian
Skor
= jumlah perolehan skor x 100
Jumlah
skor total
Guru kelas II
Yuniarti, S.Pd
|
Mengetahui.
Kepala MIM banjarsari
Edy Nugroho, S.Ag
|
Banjarsari 19 februari 2012
Praktikan
Mu’alla
|
RRP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama sekolah : MIM Banjarsari Metro Utara
Mata pelajaran : akidah akhlak
Kelas / semester : III /II
Alokasi waktu : 2 X 35 menit
Standar kompetensi :
ü memahami sifat – sifat allah dalam asmaul
husna
Kompetensi dasar :
ü mengenal allah melalui sifat – sifat allah
yang terkandung dalamasmaul husna
Indikator :
ü mendefinisikan asmaul husna al mujibu,
al wahabu,
ü menunjukan bahwa allah bersifat al
mujibu, al wahabu
tujuan pembelajaran:
ü siswa dapat mendefinisikan asmaul husna
ü siswa dapat menunjukan contoh bahwa asmaul
husna bersifat al mujibu, al wahabu
karakter yang diharapkan:
rasa
ingin tahu, tanggung jawab, disiplin
materi pokok : al mujibu, al wahabu
uraian materi :
a. al mujibu allah bersifat zat yang memiliki
sifat al mujibu yang artinya memperkenankan do’a, allah mengabulkan do’a
dari siapa yang meminta
b. al wahabu berarti maha pemberi, manusia diberikan akal oleh allah sehingga dapat
membuat mobil, pesawat terbang, dan kareta api
metode pembelajaran
·
ceramah
·
penugasan
·
Tanya jawab
Langkah – langkah pembelajaran
NO
|
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
ü Mengucap salam
ü Apersepsi mengajukan pertanyaan kepada
siswa yang mengetahui sifat – sifat allah
|
ü Menjawab salam
ü Menjawab pertanyaan guru
|
|
2
|
Kegiatan inti
v Ekspolarasi
ü Menjelaskan materi tentang asmaul husna
ü Memberikan contoh bahwa allah
bersifat al mujibuu, al wahabu
|
ü Mendengarkan penjelasan guru
ü Memperhatikan contoh yang diberikan
|
|
v elaborasi
ü memberikan latihan berupa soal – soal
dalam kartyu
ü memberikan intruksi tentang cara mengerjakan soal
|
ü mengikuti perintah guru
ü mendengarkan intruksi guru
|
||
v konfirmasi
ü menanyakan hal hal yang belum dipahami
ü meluruskan kesalah pahaman , memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
ü bertanya tentang hal – hal yang belum
dipahami
ü mendengarkan penyimpulan guru
|
||
3
|
Kegiatan akhir
ü guru dan siswa bersama –sama membuat
kesimpulan pelajaran
ü memberikan nasihat dan menutup pelajaran
dengan salam
|
Alat dan sumber
ü kertas polio/ karton
ü buku cetak akidah akhlak
penilaian
ü teknik penilaian = tes tertulis
ü bentuk instrument = uraian
instrument soal
1. al mujibu artinya……
2. al wahabu artinya……
3. bagaimna sifat allah al wahabu artinya…..
4. bagaimana sifat allah al mujibu
artinya…..
jawaban:
1. maha memperkenankan do’a
2. maha pemberi
3. menolong orang yang membetuhkan bantuan
4. mensyukuri pemberian allah yang tak
terhinggga
karakteria penilaian
skor
= jumlah perolehan skor x 100
jumlah
skor total
banjarsari
19 februari 2013
Guru kelas III
Siti mardiyah.S ,Ag
|
Praktikan
Mu’alla
|
|
Mengetahui,
Kepala MIM banjarsari
Edy Nugroh.S,Ag
|
RRP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama sekolah : MIM Banjarsari Metro Utara
Mata pelajaran : fikih
Kelas / semester : V / II
Alokasi waktu : 2 X 35 menit
Standar kompetensi :
Ø Mengenal tata cara ibadah haji
Kompetensi dasar :
Ø Mendemonstrasikan tata cara ibadah haji
indikator :
Ø Siswa dapat mengetahui urutan pelaksanaan
ibadah haji
Ø Siswa dapat memahami urutan pelaksanaan
ibadah haji
karakter yang diharapkan : religious , rasa ingin tahu , kerja keras ,
jujur , tanggung jawab
materi pembelajaran : IBADAH HAJI
metode pembelajaran: ceramah, demonstrasi ,
tanya jawab
langkah – langkah pembelajaran
NO
|
Uraian
pembelajaran
|
Waktun
|
1
|
Kegiatan awal
ü guru masuk kelas lalu mengucapkan salam
ü guru menyampaikan materi yang akan
disampaikan
ü mangajukan pertanyaan tentang materi yang
akan disampaikan
|
|
2
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
v Dalam kegiatan eksplorasi guru
ü Siswa memperhatikan dan mencatat uraian
materi
ü Salah satu siswa mempraktekan tata cara
pelaksanaan metri
|
|
Elaborasi
v Dalam kegiatan elaborasi guru
ü Siswa menyebutkan larangan pelaksanaan
ibadah haji
ü Siswa mengerjakan tugas yang diberi guru
|
||
Konfirmasi
v Dalam kegiatan konfirmasi guru
ü Guru mengajukan pertanyaan hal-hal yang
belum dipahami dalam pelaksanaan haji
ü Guru menutup / mengakhiri kegiatan
belajar
ü Guru salam siswa menjawab salam
|
||
3
|
Kegiatan akhir
ü Guru memberikan kesimpulan tentang materi
yang telah dipelajari
ü Guru menutup / mengakhiri kegiatan
belajar dengan bacaan hamdalah
ü Guru mengucap salam sebelum keluar kelas
dan siswa menjawab kelas
|
Bahan dan alat
ü Buku paket fikih
Penilaian
ü Teknik penilaian =
tes tertulis
ü Instrument penilaian = uraian
Skor = jumlah perolehan skor X 100
Jumlah
total skor
Instrumen
penilaian
6. Apa yang kamu ketahui tentang sai… ?
7. Sebutkan tiga larangan bagi laki-laki yang
sedang menjalankan haji… !
8. Tuliskan surat ali imran ayat 97 yang
menerangkan tentang kewajiban ibadah haji… !
9. Terjemahkan hadist berikut… !
10. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang
wakup… !
Jawaban:
6. Sai adalah lari-lari kecil bolak-balik
antara bukit safa dan marwah sebanyak tujuh kali
7. Larangan bagi laki-laki = memakai baju ada jahitan
= memakai sorban
= memakai celana
8.
9. Artinya : haji itu sekali, dan barang siapa
yang melakukan lebih dari sekali maka itu sunah
10. Wukup adalah berdiam diri di arafah pada
tanggal 9 zulhijah dimulai dari tergelincirnya matahari sampai terbit fajar
nahar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar